pijarbelajar

Sejarah

Apa Saja Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia? Simak Informasi Selengkapnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Apa Saja Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia? Simak Informasi Selengkapnya image

Sebagai warga negara yang baik, Sobat Pijar sudah tahu belum peran Indonesia dalam perdamaian dunia? Mewujudkan perdamaian dunia sudah tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4. Untuk memahami lebih lanjut tentang perdamaian dunia, simak selengkapnya pembahasan sejarah kali ini. 


Baca juga: Apa Alasan Indonesia Masuk Kembali ke PBB? Simak Yuk!


Apa Itu Perdamaian Dunia?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Perdamaian berarti menghentikan adanya perselisihan atau permusuhan yang tidak diharapkan. Perdamaian dunia merupakan gagasan tentang kebebasan dan perdamaian dengan tujuan untuk menciptakan kebahagiaan maupun ketentraman seluruh negara. 


Apa sih arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara? Perdamaian dunia bagi suatu negara menjadi hal penting karena mampu mendorong kemajuan bangsa. Melalui perdamaian dunia, setiap negara akan terus mengalami perkembangan dalam berbagai aspek kehidupan. 


Tujuan utama upaya perdamaian dunia tidak lain ingin setiap negara mendapatkan persamaan HAM, pengembangan teknologi, layanan kesehatan, dan pemerataan pendidikan. Indonesia juga ikut serta mewujudkan ketertiban dunia dengan berpartisipasi dalam berbagai organisasi internasional. 


Peran indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia terdapat pada UUD 1945, dimana dengan menjaga hubungan baik antar negara sekaligus mengikuti event internasional. Beberapa organisasi dunia yang turut diikuti seperti ASEAN, Konferensi Asia Afrika (KAA), dan masih banyak lagi lho


Konflik yang Mengancam Perdamaian Dunia

Yuk belajar bersama untuk memahami berbagai konflik dunia yang berisiko mengancam ketertiban dan perdamaian dunia. Beberapa tragedi dunia yang telah terjadi sebelumnya mendorong Majelis Umum PBB memperingati Hari Perdamaian Dunia setiap tanggal 21 September. 


1. Genosida

Sebelum membahas lebih detail peran Indonesia dalam perdamaian dunia, Sobat Pijar harus tahu nih berbagai konflik yang bisa mengancam perdamaian dunia. Genosida adalah salah satu konflik yang bisa merusak perdamaian dunia dengan cara memusnahkan golongan tertentu. 


Genosida bisa dikatakan pembunuhan massal yang biasa ditujukan oleh suatu kelompok bangsa, etnis, agama, ataupun ras. Tindakan genosida dianggap cukup brutal mulai dari pembantaian, membuat kerusakan, mencegah kelahiran, dan memindahkan suatu golongan secara paksa. 


Pernah dengar tentang tragedy Holocaust? Tragedi yang menewaskan 6 juta orang Yahudi. Nah, kejahatan genosida satu ini dilakukan oleh kelompok Nazi dan Adolf Hitler. Tragedi cukup menyita perhatian dunia karena sudah melanggar HAM jutaan orang Yahudi dengan cara kejam. 


2. Terorisme

Indonesia ikut aktif menciptakan perdamaian dunia dengan cara mengikuti banyak organisasi internasional, namun terkadang masih mendapat serangan terorisme. Dalam arti luas, terorisme merupakan tindakan kekerasan yang bisa menimbulkan ketakutan untuk mencapai tujuan politik. 


Tidak hanya di Indonesia, setiap negara bisa berpotensi mendapat ancaman terorisme brutal. Hal ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kurangnya pemahaman agama, kemiskinan, perlakuan tidak adil, ingin menguasai suatu negara, dan masih banyak lagi penyebabnya. 


Contoh aksi terorisme dunia yang menyita perhatian publik terjadi di Bandara Internasional Kabul, Afghanistan. Sejumlah oknum melakukan bom bunuh diri menggunakan bahan peledak, sehingga serangan menimbulkan 170 jiwa meninggal dunia serta 200 orang mengalami luka serius.


Dinamika Peran Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Tentunya ada berbagai peran Indonesia dalam menciptakan perdamaian dunia dengan menjaga kerjasama antar negara serta aktif dalam organisasi internasional. Indonesia pernah tergabung dalam KAA, Misi Garuda, Deklarasi Djuanda, Gerakan Non Blok, ASEAN, dan masih banyak lagi. 


1. Konferensi Asia Afrika

Konferensi Asia Afrika (KAA) merupakan kerjasama internasional yang dibentuk untuk meredakan konflik antara negara Asia dan Afrika. Indonesia bergabung tanggal 25 Agustus 1953 dengan misi menyampaikan berbagai program pemerintah yang mampu mengatasi ketegangan dunia. 


Peran Indonesia dalam KAA dengan menyampaikan program pemerintah di hadapan Dewan Perwakilan Rakyat Sementara. Perdana Menteri menyampaikan pentingnya keaktifan pemerintah dalam meredakan ketegangan dunia dengan membebaskan negara Asia-Afrika dari perang dingin. 


2. Misi Garuda

Apa peran Indonesia dalam perdamaian dunia melalui Misi Garuda? Sobat Pijar harus tahu nih, Indonesia sudah membentuk Kontingen Garuda terdiri atas angkatan militer. Misi Garuda secara khusus bertugas di bawah naungan PBB untuk membantu menjaga perdamaian dunia. 


Nantinya Indonesia mengirimkan Kontingen Garuda apabila dibutuhkan dalam misi perdamaian dunia. Kontingen Garuda pernah ikut serta dalam perang dunia untuk membela negara-negara ASEAN serta negara Timur Tengah seperti Kamboja, Libanon, Palestina, Vietnam, dan lainnya. 


3. Deklarasi Djuanda

Sebagai negara kepulauan, tentunya Indonesia perlu melakukan usaha dalam menjaga keutuhan wilayah serta sumber daya alam di dalamnya. Wilayah kepulauan rentan sekali diklaim oleh negara lain, oleh sebab itu terbentuklah Deklarasi Djuanda sebagai perjanjian resmi internasional. 


Peran aktif Indonesia di Deklarasi Djuanda dengan menyatakan sejak dulu kepulauan nusantara menjadi satu kesatuan serta memiliki corak tersendiri. Deklarasi diungkapkan langsung oleh Djuanda Kartawidjaja sebagai Perdana Menteri Indonesia yang pertama kali mengikuti rapat. 


4. Gerakan Non Blok

Gerakan Non Blok (GNB) merupakan organisasi internasional antar 100 negara yang memiliki prinsip tidak bekerjasama dengan kekuatan besar manapun. Peran Indonesia dalam gerakan Non Blok dengan memegang politik bebas aktif, sehingga tidak bergabung aliansi militer lain. 


Indonesia pernah menjadi tuan rumah KTT Non Blok tahun 1992, dimana Presiden Soeharto ditugaskan sebagai ketua GNB. Indonesia selalu aktif dalam melakukan kerjasama teknis mulai dari perikanan, pertanian, kependudukan, dan menghidupkan dialog Utara Selatan. 


5. ASEAN

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan organisasi antar bangsa kawasan Asia Tenggara. Peran Indonesia dalam ASEAN cukup dominan, dimana melalui Menteri Luar Negeri ikut serta dalam menandatangani persetujuan Deklarasi Bangkok. 


Indonesia juga pernah berperan dalam mewujudkan perdamaian dunia di kawasan Asia Tenggara, sehingga dapat meredakan konflik antara Vietnam dan Kamboja. Tidak hanya itu, Indonesia turut menjadi tuan rumah dalam meredakan konflik Moro National Front Liberation Filipina. 


Sebagai pendiri ASEAN, Indonesia berperan vital dalam membentuk visi misi antar negara agar bisa mencapai tujuan bersama. Selain sebagai mediator konflik Asia Tenggara, organisasi ASEAN bisa menjadi ajang menguntungkan antar negara dalam melakukan perdagangan internasional. 


6. OKI

OKI singkatan Organisasi Konferensi Islam, dimana Indonesia menjadi bagian dalam organisasi Islam tersebut. Salah satu peran Indonesia dalam OKI yaitu ikut menyelesaikan konflik antara Pemerintahan Filipina dengan Moro National Liberation Front (MNLF). 


Sebelumnya Indonesia turut berusaha memperjuangkan penyelesaian masalah Islamofobia yang menistakan agama Islam. Hingga saat ini, peran Indonesia dalam OKI masih terus berlanjut dengan mendukung kebebasan Palestina melalui kerjasama diplomatik sejak 19 Oktober 1989. 


7. Jakarta Informal Meeting

Jakarta Informal Meeting atau biasa dikenal JIM memang dibentuk khusus untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di kawasan Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu negara yang setuju dibentuknya Jakarta Informal Meeting dalam misi menjaga perdamaian dunia. 


Peran Indonesia dalam Jakarta Informal Meeting diwakilkan Menteri Luar Negeri Indonesia, Ali Alatas dengan menyampaikan berbagai solusi penyelesaian konflik. Terbukti, peran Indonesia dalam JIM mampu menuntaskan masalah Kamboja melalui Perjanjian Paris 23 Oktober 1991. 


Baca juga: Kebijakan Politik Luar Negeri pada Masa Orde Baru di Indonesia

___________________________________________


Peran Indonesia dalam perdamaian dunia dilakukan melalui kerjasama serta berperan aktif dalam misi organisasi internasional. Indonesia tercatat sebagai anggota resmi Konferensi Asia Afrika, Gerakan KTT Non Blok, ASEAN, OKI, Misi Garuda, dan lainnya untuk menjalankan misi penting meredakan konflik. 


Wah, cukup banyak juga ya peran Indonesia Sobat Pijar? Eits, kamu bisa belajar materi ini lebih komprehensif dengan mengunduh aplikasi Pijar Belajar, lho! Kamu bisa mengakses konten dalam bentuk video materi, rangkuman, mini quiz, hingga latihan soal yang jumlahnya ribuan! Wah, lengkap banget, ya?


Tunggu apa lagi? Yuk, unduh Pijar Belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton
logo pijarbelajar

Didukung oleh

logo telkom
logo indihome
Image Maps

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

Image Mail

support@pijarbelajar.id

Image Whatsapp

+62 812-8899-9576 (chat only)

Download Sekarang

playstoreappstore
instagramlinkedIn

© 2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved

Image MapsGedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

Image Mailsupport@pijarbelajar.id

Image Whatsapp+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved