pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Contoh Kata Ilmiah dan Perbedaannya dengan Kata Populer Kekinian

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Contoh Kata Ilmiah dan Perbedaannya dengan Kata Populer Kekinian image

Dalam komunikasi sehari-hari, Sobat Pijar pastinya tidak terlepas dari penggunaan kata ilmiah dan kata populer. Apa sih perbedaan kedua kata tersebut? Untuk meningkatkan pemahaman mengenai kosakata Bahasa Indonesia, yuk belajar bersama mengenai kata baku ilmiah bersama-sama. 


Baca juga: Pengertian, Tujuan, dan Ciri-ciri Teks Argumentasi


Apa Itu Kata Ilmiah?

Berdasarkan harfiah "Ilmiah" memiliki arti ilmu, kaidah, dan pengetahuan. Kata-kata ilmiah banyak sekali ditemukan dalam bidang ilmiah kedokteran, sains, teknologi, dan religi. Bukannya nggak bisa digunakan dalam komunikasi sehari-hari, namun memang kesannya lebih baku, terlihat rigid, dan kaku. 


Kata ilmiah adalah susunan kata yang sifatnya keilmuan, sehingga menggunakan ilmu pengetahuan sebagai acuan dalam penyampaiannya. Intinya segala sesuatu yang didasarkan atas ilmu pengetahuan bisa dikatakan "ilmiah" karena berasal dari sumber-sumber terpercaya atau ilmuan terdahulu. 


Dengan menggunakan kata-kata ilmiah, suatu objek bisa tergambarkan secara spesifik. Ternyata masih banyak orang yang bingung mengelompokkan suatu kalimat termasuk ilmiah atau tidak. Sobat Pijar nggak perlu khawatir, pahami ciri kata-kata ilmiah yang akan dijelaskan di bawah ini. 

  1. Jelas, kata-kata ilmiah memiliki makna jelas agar bisa dipahami oleh orang lain. 
  2. Tepat, kalimat ilmiah selalu tepat dalam menggambarkan suatu objek tanpa mencantumkan opini penulis secara pribadi. 
  3. Spesifik, kalimat ilmiah memiliki makna spesifik untuk menggambarkan suatu objek secara detail dan mudah dipahami oleh orang lain. 


Dalam bidang formal, kata kata ilmiah dan artinya sangat efektif sebagai alat komunikasi sehari-hari untuk menyampaikan informasi secara akurat. Sayangnya memang tidak semua orang memahami arti dari kosakata ilmiah, sehingga penggunaannya perlu disesuaikan lawan bicara yang bersangkutan. 


Contoh Kata Ilmiah

Metode ilmiah, karya tulis ilmiah, dan kata ilmiah sebenarnya konteksnya sama. Didalamnya ditemukan informasi penting berdasarkan hasil observasi atau ilmu pengetahuan. Berikut ini berbagai contoh kata-kata ilmiah beserta artinya yang bisa digunakan dalam bahasa komunikasi sehari-hari. 

  1. Adenin: Salah satu jenis basa nitrogen yang bisa digunakan dalam proses sistesis asam nukleat, dimana adenine tergolong komponen utama DNA. Contoh Kalimat : Bersama dengan gula ribosa, adenin akan membentuk nukleosida yang bisa bermanfaat sebagai mahluk hidup. 
  2. Elektrolisis: Proses penguraian elektrolit menggunakan arus listrik, sehingga menimbulkan reaksi kimia sesuai kebutuhan penelitian. Contoh Kalimat : Alat mengubah energi listrik menjadi energi kimia dinamakan elektrolisis. 
  3. Enzim : Protein yang memiliki peran sebagai biokatalisator dalam bidang reaksi biologis mahluk hidup sebagaimana mestinya.nContoh Kalimat : Biomolekul enzim bermanfaat sebagai katalisator untuk mempercepat suatu reaksi kimia. 
  4. Amplitudo : Contoh kosa kata ilmiah satu ini memiliki arti pengukuran skalar non negatif suatu gelombang untuk mengatur keseimbangan. Contoh Kalimat : Untuk mengetahui besaran gelombang, hitung lebih dulu besaran amplitudo dengan menggunakan rumus khususnya. 
  5. Fermentasi : Proses konservasi zat organik menjadi zat lain dengan bantuan mikroorganisme. Contoh Kalimat : Mikroorganisme Bacillus Megaterium sangat berperan penting dalam proses fermentasi bahan makanan. 
  6. Heterotrof : Organisme sangat bergantung mendapatkan nutrisi dari organisme lainnya. Contoh Kalimat : Mahluk hidup heterotrof cenderung tidak bisa menyimpan energinya sendiri. 
  7. Katalis : Zat yang berguna untuk mempercepat laju reaksi kimia tanpa harus ikut bereaksi. Contoh Kalimat : Katalis bisa membantu memperlambat laju reaksi kimia, namun tergantung kondisi lingkungan sekitar yang mempengaruhinya. 
  8. Gravitasi : Kata ilmiah yang menunjukkan gaya tarik menarik antara benda-beda tertentu. Contoh Kalimat : Fenomena gaya gravitasi bisa dilihat dari buah jatuh dari pohonnya, dimana terjadi gaya tarik menarik secara alami. 
  9. Fotosintesis : Tumbuhan menggunakan energi matahari agar bisa mengubah zat CO2 (karbon dioksida) menjadi O2 (oksigen) serta glukosa. Contoh Kalimat : Untuk melakukan proses fotosintesis secara optimal, tumbuhan membutuhkan bantuan energi matahari setiap harinya. 
  10. Mitosis : Suatu proses pembelahan sel yang bisa menghasilkan dua sel anak bersifat identik. Contoh Kalimat : Mitosis terjadi melalui 4 fase diantaranya profase, metaphase, anafase, dan telofase untuk menghasilkan pembelahan sempurna. 


Pengertian kata ilmiah dan contohnya diharapkan bisa membantu Sobat Pijar untuk memahami lebih dalam tentang penulisan ilmiah. Khususnya dalam bidang pendidikan, kosakata ilmiah banyak digunakan untuk membuat informasi yang tersampaikan bisa lebih ringkas serta mudah dipahami oleh pembacanya.


Perbedaan Kata Ilmiah dan Kata Populer

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, dikenal istilah kosakata ilmiah dan kosakata populer. Berbeda dengan kosakata ilmiah, kata populer banyak ditujukan kepada khalayak umum. Penggunaan contoh kata ilmiah populer biasanya lebih mudah dipahami masyarakat luas dibandingkan kata-kata ilmiah. 


Aspek Pembeda

Kosakata Ilmiah

Kosakata Populer

Sasaran Pembaca

Karya tulis ilmiah lebih ditujukan kepada pembaca berasal dari kalangan ilmuwan, akademisi, dan ahli dalam bidangnya. 

Karya ilmiah populer biasanya akan menargetkan masyarakat umum sebagai sasaran.

Tujuan

Bertujuan untuk menjelaskan hasil penelitian kepada komunitas dalam bidangnya masing-masing.

Bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas tanpa terkecuali.

Gaya Kepenulisan

Kata-kata ilmiah menggunakan gaya kepenulisan formal, spesifik, dan objektif sesuai hasil observasi. 

Kata populer disajikan dalam gaya bahasa informal, luwes, semi baku, dan lebih menarik perhatian masyarakat luas. 

Konten

Pembahasan bersifat formal dengan struktur meliputi metode penelitian, pembahasan, dan kesimpulan. 

Biasanya kata populer fokus menjelaskan objek, namun tidak terlalu padat sama seperti penggunaan bahasa ilmiah. 

Pemilihan Diksi

Mengandung muatan teknis serta arti khusus bagi kalangan akademisi atau komunitas ilmiah.

Banyak ditemui dalam interaksi sosial sehari-hari, lebih luwes, dan dipahami orang lain.

 

Penggunaan Bahasa

Kosakata ilmiah berkaitan dengan bahasa formal, oleh sebab itu banyak ditemukan dalam paper ilmiah, karya tulis ilmiah, dan jurnal penelitian. 

Kata populer menggunakan bahasa lebih santai, anekdot, dan fokus menarik perhatian. 


Melalui contoh kata ilmiah dan kata populer, para pelajar akan lebih mudah memahami struktur kalimat serta penggunaan bahasa. Masih bingung membedakan kedua kata? Nah, di bawah ini ada beberapa contoh kata populer yang terdengar lebih santai dan mudah dipahami pembaca.

  1. Maaf. Contoh Kalimat : Aku minta maaf atas perkataanku kemarin.
  2. Tersenyum. Contoh Kalimat : Gadis manis di bawah pohon tersenyum sambil membaca bukunya.
  3. Menangis. Contoh Kalimat : Ibu menangis setelah jatuh dari kendaraannya tadi malam.
  4. Berlari. Contoh Kalimat : Vito berlari cepat mengejar bus agar tidak terlambat sekolah. 
  5. Malas. Contoh Kalimat : Malas bisa menjadi sebab seseorang mengalami kegagalan. 
  6. Pekerjaan. Contoh Kalimat : Zaman sekarang jauh lebih sulit dalam mencari pekerjaan impian.
  7. Cantik. Contoh Kalimat : Cantik saja tidak cukup untuk mendapatkan gaji besar.
  8. Mobil. Contoh Kalimat : Mobil membutuhkan perawatan teknis lebih mahal dibandingkan motor. 
  9. Malam. Contoh Kalimat : Hari beranjak malam, namun anaknya tidak kunjung pulang. 
  10. Tampan. Contoh Kalimat : Lelaki tampan itu sudah lama memendam perasaan suka. 


Baca juga: Cara Membuat Karya Ilmiah: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri Ciri

___________________________________________________


Kata ilmiah merupakan sejenis bahasa yang menggunakan ilmu pengetahuan sebagai acuannya, oleh sebab itu belum tentu dipahami oleh semua orang. Berbeda dengan kosakata ilmiah, Sobat Pijar juga mengenal kata populer dengan bahasa lebih santai dan mudah dipahami oleh masyarakat umum. 


Jika Sobat Pijar tertarik untuk belajar materi ini lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Pijar Belajar sekarang juga! Kamu bisa mengakses materi Bahasa Indonesia lain seperti Teks Prosedur, Teks Eksplanasi, Teks Ceramah, hingga Drama. Lengkap banget, ‘kan? 


Yuk, unduh aplikasi Pijar Belajar sekarang juga!


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton
logo pijarbelajar

Didukung oleh

logo telkom
logo indihome

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Download Sekarang

playstoreappstore
instagramlinkedIn

© 2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved