pijarbelajar

Bahasa Indonesia

Indeks Buku – Pengertian, Fungsi, Cara Membaca, dan Contohnya

Pijar Belajar

||0 Minute Read|

Review

0

5.0

Indeks Buku – Pengertian, Fungsi, Cara Membaca, dan Contohnya image

Apakah kamu sudah pernah mendengar istilah indeks buku? Sederhananya, indeks buku merupakan halaman berisi istilah-istilah penting dalam buku. Nah, biasanya indeks ini bisa kamu temukan di bagian belakang buku atau setelah halaman daftar pustaka.


Dengan melihat indeks buku, kamu akan lebih mudah dalam memahami konteks yang disampaikan dalam buku tersebut. Untuk mengetahui pengertian, fungsi, cara membaca maupun cara membuatnya, kamu bisa ikuti pembahasannya pada artikel ini. 


Baca juga: Struktur Surat Pribadi dan Contohnya – Bahasa Indonesia Kelas VII


Apa itu Indeks Buku?

Pada dasarnya, indeks dalam buku merupakan sebuah daftar istilah atau kata-kata penting yang akan memberikan informasi tentang nomor halaman yang memuat istilah tersebut. Ternyata, indeks nggak selalu ada dalam sebuah buku, lho. Kamu hanya akan menemukan indeks buku pada buku ilmiah atau non-fiksi. 


Jadi, ketika kamu ingin mengetahui tentang suatu istilah dalam sebuah buku, kamu bisa langsung menuju ke halaman indeks di bagian terakhir buku. Kamu bisa mencari istilah pada indeks buku dengan memperhatikan istilah dan halaman istilah tersebut ada. 


Istilah yang ada pada indeks buku disusun berdasarkan urutan abjad. Lalu, indeks akan menampilkan informasi tentang halaman yang memuat istilah penting sehingga lebih mudah ditemukan. Cara kerjanya mirip kamus atau buku telepon.


Ciri-ciri Halaman Indeks

Indeks buku juga dapat diartikan dengan daftar istilah atau kata penting yang terdapat dalam sebuah buku. Nah, untuk mengenali indeks, kamu bisa memahami ciri-ciri halaman indeks berikut ini. 

  1. Istilah disusun menurut abjad atau secara alfabetis (A-Z).
  2. Bagian kanan halaman menunjukkan letak istilah, sehingga pada istilah yang sering muncul akan menunjukkan banyak nomor halaman.
  3. Hanya mencantumkan letak halamannya tanpa menjelaskan makna dari istilah.
  4. Jika diikuti beberapa kata, maka letaknya di bawah istilah pokok dengan letak yang lebih menjorok.


Apa Fungsi Indeks dalam Buku?

Secara umum, fungsi indeks dalam buku nonfiksi adalah untuk memberikan kemudahan kepada pembaca yang sedang mencari istilah penting di dalam buku tersebut. Tanpa perlu repot mencarinya di setiap halaman, istilah bisa langsung ditemukan melalui indeks di buku. Berikut ini penjelasannya:


1. Lebih Mudah Mencari Kata atau Istilah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan adanya indeks dalam buku maka lebih mudah bagi pembaca menemukan kata atau istilah yang dicari. Misalnya saja kata “erupsi” ada di halaman 123, 136, 146, dan 158. Jadi di halaman tersebut menunjukkan adanya kata ‘erupsi”.


2. Lebih Cepat dan Menghemat Waktu Pencarian

Selain lebih mudah dalam menemukan istilah yang dicari, pembaca juga lebih cepat dalam menemukannya. Bisa dibayangkan kalau kamu harus mencarinya di halaman buku satu per satu, pasti akan sangat lama dan tidak efektif.


3. Lebih Mudah Menemukan Istilah yang Tidak Dipahami

Selain itu, indeks dalam buku juga berfungsi untuk menunjukkan hubungan atau keterkaitan antara istilah. Misalnya kamu tidak paham dengan istilah yang ada di halaman 110, maka kamu bisa mencari artinya di halaman lainnya yang memuat istilah tersebut.


Cara Membaca Indeks Buku

Jika kamu belum tahu bagaimana cara membaca indeks dalam sebuah buku, berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan:

  1. Pertama adalah menentukan istilah atau kata penting yang akan dicari di buku.
  2. Buka halaman indeks yang ada di halaman terakhir.
  3. Temukan istilah yang dicari melihat nomor halaman yang memuat istilah tersebut.
  4. Selanjutnya bisa langsung menuju ke nomor halaman yang tercantum untuk mengetahui istilah tersebut lebih lanjut.


Cara Membuat Indeks Buku

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa indeks dalam buku nonfiksi disusun menurut abjad. Untuk membuat indeks dalam buku, terdapat beberapa cara yang perlu diperhatikan. Pada cara kali ini kamu bisa menggunakan Microsoft Word. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut:

  1. Buka Microsoft Word dan buatlah daftar istilah, kata atau nama pengarang yang akan dibuat indeks.
  2. Blok pada satu kata kemudian pilih menu Reference pada task bar di MS Word.
  3. Kemudian klik Mark Entry dan lanjutkan dengan klik Mark All yang menunjukkan bahwa seluruh kata atau istilah yang diblok telah ditandai.
  4. Selanjutnya klik Close.
  5. Setelahnya akan muncul tanda kurung kurawal dan huruf tambahan pada kata yang telah ditandai. Untuk menghapus tanda bisa dengan klik tanda di Home MS Word.
  6. Kemudian klik Insert Index yang akan memunculkan beberapa jenis pilihan indeks, misalnya format Modern.
  7. Terakhir klik OK dan secara otomatis indeks akan muncul.


Jenis Indeks Dalam Buku

Dalam hal ini ada dua jenis indeks yang bisa kamu temukan dalam sebuah buku, yaitu indeks subjek yang isinya berupa daftar istilah dan nomor halamannya, serta indeks pengarang yang isinya daftar tokoh atau pengarang yang teorinya dikutip dalam buku tersebut.


Contoh Indeks Buku

Untuk mengetahui contoh indeks pada buku kamu bisa mengecek pada buku nonfiksi atau buku ilmiah yang kamu miliki seperti ensiklopedia dan lain-lain. Selain itu, kamu bisa menyimak beberapa contohnya di bawah ini:


Contoh Indeks Subjek

Indeks subjek merupakan indeks yang menginformasikan letak nomor halaman yang memuat kata atau istilah tertentu dalam sebuah buku, contohnya seperti ini:


A

accuracy, 189, 254

akronim, 194

alomorf, 214

anteseden, 324, 356, 


B

bibliografi, 15

bahasa tona, 56

benefaktif, 76


C

cooperative learning, 89

critical thinking, 211


D

depth , 28, 46, 78

design, 76, 89


E

epidemiologi, 98

epistemologi, 78, 88


I

implication, 167, 169, 178

interpersonal,180, 197


L

learning society, 201

logic, 216


M

mobile learning, 28, 39

monitoring, 186, 197


O

occupation, 90, 104


P

pilot experiment, 157, 168

portable, 89

precision, 179, 190


R

relevance, 197


Contoh Indeks Pengarang

Selain Indeks Subjek ada pula Indeks Pengarang yang akan menginformasikan nama pengarang sesuai teori yang telah dikutip pada halaman tertentu. Berikut ini contohnya:


Abdillah, A. Hamid, 34

Ahmad, Dewantoro, 78

Bachri, Sutardji Calzoum, 243

Chudori, Leila S., 105

Dian Husni 130

Elvy Rachmanita, 145

Harrison, John 10: 21

Harry S. Truman 3: 95

Kartinah 145

Lia Puspasari 79

Rasiman 189

Sri Wahyuni 290

Titin Rustini 127

_____________________________________________


Baca juga: Apa itu Teks Prosedur? Yuk, Kenali Ciri, Struktur, dan Contohnya


Indeks buku merupakan sebuah daftar kata dan istilah penting yang biasanya ada di halaman terakhir sebuah buku ilmiah atau buku non fiksi. Indeks yang berisi kata atau istilah dikenal dengan nama Indeks Subjek, sedangkan indeks yang isinya nama pengarang disebut Indeks Pengarang.


Coba pelajari lebih lanjut tentang indeks buku bareng Pijar Belajar, yuk! Sobat Pijar bisa banget mendalami materi ini dan materi Bahasa Indonesia lainnya lewat Aplikasi Pijar Belajar. Terdapat banyak rangkuman materi, video materi, mini quiz, dan latihan soal yang bisa kamu pakai kapan aja dan dimana aja. 


Yuk, mulai belajar seru bareng Pijar Belajar dengan download atau klik banner di bawah ini. 


Seberapa bermanfaat artikel ini?

scrollupButton

Gedung Transvision, Jl. Prof. DR. Soepomo No. 139, Tebet Barat, Jakarta Selatan 12810

btn footer navigation

support@pijarbelajar.id

+62 812-8899-9576 (chat only)

Dapatkan Aplikasi

playstoreappstore
instagramlinkedIn

©2021-2024 Pijar Belajar. All Right Reserved